Hadang Sopir Truk Penambang Pasir Gunung Semeru, Bupati: Koncone Sampeyan Iku Mati Pak!

- Senin, 13 Desember 2021 | 09:24 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menghadang dan memarahi sopir truk yang nekat menambang pasir Gunun Semeru di saat bencana dan banyak warga masih hilang. (YouTube @lumajangtv)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menghadang dan memarahi sopir truk yang nekat menambang pasir Gunun Semeru di saat bencana dan banyak warga masih hilang. (YouTube @lumajangtv)

HALLOSPORTNEWS - Bupati Lumajang Thoriqul Haq viral di media sosial setelah videonya menghadang dan memarahi sejumlah sopir truk pengakut pasir Gunung Semeru beredar luas.

Dalam rekaman video tersebut, Bupati terlihat bener-bener jengkel dan marah dengan para sopir truk yang nekat lalu-lalang mengangkut pasir di tengah masyakarakat yang sedang berduka dan penanganan bencana serta upaya pencarian para korban yang hilang akibat Gunung Semeru meletus.

Baca Juga: Aston Villa Kalah 0-1 dari Liverpool, Steven Gerrard Sindir Michael Owen

Bupati dalam video yang diunggah pada Jumat, 10 Desember 2021 tersebut terlihat memarahi sopir truk yang nekat menambang pasir.

"Koncone sampeyan iku mati pak! (teman anda itu mati pak), kependem lahar, masa tidak ada empati ini rek? Nambang pasir tetep wae (tetap saja)," ujarnya, dikutip Hallosportnews.com dari Pikiran-Rakyat.com bersumber kanal Youtube Lumajang TV, Senin, 13 Desember 2021.

Mendengar penuturan Thoriqul Haq, penambang tersebut pun mengaku tidak banyak melakukan aktivitas menambang saat itu.

Namun, Bupati Lumajang yang terlanjut kesal tampaknya tidak mau mendengar alasan apapun dari para penambang tersebut.

"Sudah tahu bencana kayak gini masih nambang. Yang konco manual konco supir akeh seng mati pak. Ngesakno kancane akeh seng goleki kependem ngene. Sampean mbok ngerti ngono (yang teman penambang manual, supir banyak yang mati pak, kasihan teman kamu, banyak yang kependam begitu. Kamu ya harusnya tahu gitu)," tutur Thoriqul Haq.

Baca Juga: Ini Komentar Cristiano Ronaldo Pasca Taklukan Norwich City

Dia pun mengimbau agar para penambang pasir lebih mengerti situasi bencana erupsi Semeru saat ini.

"Ya sampeyan ngerti loh, yang lain ngurus bencana," ucap Thoriqul Haq.

Selain penambang tersebut, dia juga mendatang penambang lain yang melakukan aktivitas di tengah duka erupsi Semeru.

Penambang tersebut mengatakan bahwa dia melakukan hal tersebut karena alasan ekonomi.

"Anda tidak mengerti kemarin banyak yang mati, ngerti gak? Sekarang alasan ekonomi, yang sana mati! Wong alasan hanya ekonomi, yang sana mati," kata Thoriqul Haq.

Halaman:

Editor: Alif Muhammad

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Terkini

Labuan Bajo Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo

Senin, 28 Februari 2022 | 22:32 WIB
X