Aturan Baru: Pemerintah Wajibkan Pelaku Perjalanan Darat Jarak Jauh Tunjukkan Hasil Tes PCR

- Senin, 1 November 2021 | 22:08 WIB
Biker XSR 155 Makin Gemar Taklukan Alam Menantang Kalimantan    (Yamaha)
Biker XSR 155 Makin Gemar Taklukan Alam Menantang Kalimantan   (Yamaha)

HALLO SPORTNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini menerbitkan aturan baru transportasi darat, baik perseorangan atau pun umum. Pelaku perjalanan darat diwajibkan menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil RT-PCR maksimal 3x24 jam atau antigen maksimal 1x24 jam sebelum perjalanan.

Aturan baru ini termaktub dalam Surat Edaran Nomor SE90 ahun 2021 terkait Perubahan Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE86 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19. Aturan ini dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Senin, 1 November 2021.

Dalam aturan tersebut, terdapat beberapa revisi yang dilakukan pemerintah dibandingkan aturan perjalanan darat yang dibuat sebelumnya.

Baca Juga: Pelatih Persib Bandung Pulangkan 2 Pemain Jelang Laga Terakhir Seri 2 BRI Liga 1, Ada Apa?

Dikutip Hallo Spornews dari PMJ News pada Senin, 1 November 2021, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menerangkan berdasarkan SE tersebut, para pelaku perjalanan jauh dengan moda transportasi darat dan penyeberangan dengan ketentuan jarak minimal 250 km (4 jam) dari dan ke Pulau Jawa Bali harus dilengkapi dengan beberapa dokumen wajib.

Dokumen wajib tersebut adalah menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil RT-PCR maksimal 3x24 jam atau antigen maksimal 1x24 jam sebelum perjalanan.

"Ketentuan syarat perjalanan tersebut berlaku bagi pengguna kendaraan bermotor perseorangan, sepeda motor.

"Kendaraan bermotor umum, maupun angkutan penyeberangan," ujar Budi Setiyadi pada Senin, 1 November 2021.

Baca Juga: Babak Pertama Madura United vs Arema 0-0

Halaman:

Editor: Faisol J

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Labuan Bajo Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo

Senin, 28 Februari 2022 | 22:32 WIB

Terpopuler

X