Jokowi dan Erdogan Bertemu di Italia, Awal 2022 Erdogan Akan ke Indonesia

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 10:12 WIB
Presiden Jokowi mengatakan Presiden Turki , Erdogan, akan mengunjungi Indonesia tahun depan. /HO-Biro Pers Sekretariat Presiden (HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengatakan Presiden Turki , Erdogan, akan mengunjungi Indonesia tahun depan. /HO-Biro Pers Sekretariat Presiden (HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)


HALLO SPORTNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Pertemuan tersebut digelar di sela rangkaian acara KTT G20. Saat ini Jokowi tengah mengikuti acara KTT G20 yang dilaksanakan di La Nuvola, Roma, Italia.

Jokowi dan Erdogan membahas berbagai hal, salah satunya adalah mengenai rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia.

Baca Juga: French Open 2021: Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon Melaju ke Final

Mengenai rencana tersebut, Jokowi menyampaikan kalau dia telah menerima laporan yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat berkunjung ke Turki.

Selain itu, dia juga telah mendapatkan hasil dari pembicaraannya dengan Erdogan, antara lain perihal rencana kunjungan ke Indonesia yang diakuinya sangat dinantikan.

"Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari 2022," kata Jokowi dilansir Hallosportnews.com dari Pikiran-Rakyat.com bersumber Antara.

Baca Juga: Manchester City vs Crystal Palace, Skor 0-2: Cetak Gol Pertama, Wilfried Zaha Dilecehkan

Jokowi yakin dengan kunjungan Erdogan ke Bumi Pertiwi akan makin mempererat hubungan yang terjadi antara Indonesia dan Turki.

"Kami tugaskan Menteri Luar Negeri kedua negara untuk mempersiapkan kunjungan dengan baik," kata Jokowi.

Tak hanya itu, para pemimpin negara ini juga memberikan tugas pada Menlu masing-masing untuk mempersiapkan kunjungan, termasuk dengan meluncurkan mekanisme strategis tingkat tinggi.

Baca Juga: Massimiliano Allegri Akui Juventus Terpuruk Usai Ditinggal Cristiano Ronaldo

Pembahasan lainnya adalah mengenai rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Turki atau yang disebut IT-CEPA.

IT-CEPA diyakini oleh Jokowi akan mampu memperkokoh kerja sama ekonomi yang terjalin di antara kedua negara.

Dia pun menyarankan agar masing-masing Menteri Perdagangan ditugaskan untuk segera mempercepat perundingan mereka.

Baca Juga: Manchester United vs Tottenham Hotspur: Skor 3-0 Selamatkan Ole Gunnar Solskjaer

"Tentu akan sangat baik jika IT-CEPA menjadi salahs atu deliverable dari kunjungan Bapak Presiden tahun depan," kata Jokowi.

Diinformasikan bahwa Jokowi didampingi oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan tersebut.***

Editor: Tri Nawirun

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X