DPR Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, Calon Pemain Timnas Indonesia

- Selasa, 20 September 2022 | 20:28 WIB
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri). Keduanya resmi dibolehkan dinaturaliasi oleh Indonesia lewat sidang paripurna DPR RI (Foto/PSSI)
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri). Keduanya resmi dibolehkan dinaturaliasi oleh Indonesia lewat sidang paripurna DPR RI (Foto/PSSI)

HALLO SPORTNEWS - Permohonan naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh disetujui DPR RI hari ini, Selasa (20/9/2022). Persetujuan naturalisasi keduanya diketok dalam Rapat Sidang Paripurna DPR RI ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022–2023.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk F. Paulus saat itu yang memimpin Rapat Paripurna membacakan putusan tersebut. 

Dalam proses pembacaan putusan itu, ia menanyakan persetujuan, yang kemudian dijawab ‘setuju’ oleh seluruh peserta Rapat Paripurna.

"Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus selaku pimpinan rapat.

Lodewijk mengatakan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan berlanjut ke tahap berikutnya. Selanjutnya Jordi dan Sandy harus menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Diketahui, Jordi Amat merupakan keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Barcelona, Spanyol. Pemain sepak bola berusia 30 tahun itu mengaku memiliki darah Indonesia dari neneknya. Saat ini dia bermain di Johor Darul Ta’zim Malaysia.

Sedangkan, Sandy Walsh lahir di Belgia dari ayah kelahiran Inggris keturunan Irlandia, dan ibunya kelahiran Swiss-Belanda keturunan Indonesia. Saat ini dia bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen.

Jordi dan Sandy merupakan pemain yang sangat diperlukan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan timnas Indonesia. 

Jordi dan Sandy sudah pernah diajak latihan bersama timnas Indonesia pada Mei lalu di Bandung saat persiapan FIFA Match Day melawan Bangladesh. Agenda waktu terdekat yang memungkinkan bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk memperkuat Indonesia adalah Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Bulan Desember.

 

Halaman:

Editor: Arkan

Sumber: Hallosportnews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fans Khawatir Atas Rencana Penjualan Liverpool

Rabu, 23 November 2022 | 06:35 WIB
X