Mesir Tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia, Diganggu Sorotan Laser Mohamed Salah Gagal Penalti

- Rabu, 30 Maret 2022 | 08:00 WIB
Mohamed Salah gagal eksekusi penalti dalam laga Mesir vs Senegal. /Givemesport.com (Givemesport.com)
Mohamed Salah gagal eksekusi penalti dalam laga Mesir vs Senegal. /Givemesport.com (Givemesport.com)



HALLO SPORTNEWS - Adegan mengejutkan terjadi saat Mohamed Salah terkena sorotan sinar laser sebelum gagal mengeksekusi penalti di pintu keluar Piala Dunia.

Senegal lolos ke Piala Dunia 2022 melalui adu penalti setelah bentrokan tegang dengan Mesir.

Raksasa sepak bola Afrika kalah dalam dua leg kualifikasi Piala Dunia hanya beberapa minggu setelah mereka mengikuti salah satu final Piala Afrika yang paling menegangkan dalam sejarah.

Pada kesempatan itu, pertandingan harus diputuskan melalui adu penalti dengan Sadio Mane dari Liverpool mengonversi tendangan penalti yang menang, sementara rekan setimnya di klub, Mohamed Salah, tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengambilnya.

Baca Juga: Persebaya Surabaya Taklukkan Sang Juara Bali United FC

Drama Tinggi di Senegal vs Mesir

Jadi, Anda bisa bayangkan betapa gugupnya para penggemar dari masing-masing negara ketika pertandingan terakhir mereka harus diputuskan melalui adu penalti lagi dengan skor agregat 1-1 setelah kedua leg.

Gol bunuh diri dari Saliou Ciss memberi Mesir keunggulan di kandang sendiri pada leg pertama, tetapi Hamdi Fathi memasukkan bola ke gawangnya sendiri untuk memastikan bahwa pertandingan penentuan berjalan sejauh yang bisa dilakukan.

Namun demikian, jelas Mesir ingin belajar dari kesalahan turnamen di Kamerun saat mereka memindahkan pemain bintang mereka ke urutan penalti untuk memastikan bahwa dia akan mendapatkan kesempatan di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Klasemen BRI Liga 1 Sabtu 26 Maret 2022, Bali United FC Juara dan Persib Posisi Kedua

Ditambah lagi, tampaknya sang penantang Ballon d'Or akan memiliki kesempatan untuk memberikan keuntungan nyata bagi Firaun dalam pertandingan tersebut dengan tendangan penalti Kalidou Koulibaly membentur mistar gawang.

Salah Gagal Eksekusi Penalti

Sebaliknya, Mohamed Salah menghasilkan penalti terburuk yang pernah ada. Salah menyekopkan penaltinya ke atas mistar gawang setelah secara mengejutkan dibumbui dengan laser saat dia menggiring bola.

Wajah pemain berusia 29 tahun itu diterangi serangkaian proyeksi hijau dari para pendukung, hampir pasti menghalangi bintang Mesir itu saat ia berusaha mengusir setan di final AFCON.

Baca Juga: Conor McGregor Ditangkap Polisi: Di Rekaman Video Polisi Tarik Badan Petarung UFC Itu

Namun, apakah karena laser pointer atau tidak, Salah tidak mampu melenceng dari sasaran karena dia meleset dari target dengan tendangan penalti.

Adegan yang mengejutkan. Senegal mencapai Piala Dunia. Satu-satunya anugerah yang menyelamatkan adalah Mohamed Salah tidak sendirian dengan empat penalti pembuka dari adu penalti yang semuanya gagal untuk membobol gawang.

Namun demikian, pada akhirnya, kegagalan awal Mesir terbukti memberatkan saat Senegal sekali lagi menang dari jarak 12 yard dengan Mane mencetak penalti kemenangan untuk kedua kalinya dalam hitungan bulan.

Baca Juga: Bali United FC Juara BRI Liga 1, Ini Fakta Unik Skuad Serdadu Tridatu

Juara Afrika akan senang bermain di Piala Dunia kedua berturut-turut dengan skuad kelas atas mereka, yang berisi pemain seperti Edouard Mendy dan Idrissa Gueye, siap untuk membuat dampak.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa kemenangan adu penalti mereka pada Selasa malam akan dibayangi oleh perilaku mengkhawatirkan dari sejumlah kecil penggemar yang menyorotkan pena laser ke wajah para pemain.

Selain itu, ada saran dari beberapa ahli bahwa pena laser dapat melakukan lebih dari sekadar mengalihkan perhatian pemain sepak bola, yang berpotensi membahayakan kesehatan pemain dalam keadaan ekstrem.

Baca Juga: Bali United FC Juara BRI Liga 1

Dokter mata dan spesialis retina dr Robert Josephburg adalah contoh dari salah satu ahli yang telah berbicara tentang potensi bahaya pena laser yang disinari pada olahragawan sebelumnya.

“Saya terpana dengan kekuatan hal-hal ini. Kita berbicara tentang kerusakan serius bahkan jika seseorang hanya terkena itu selama beberapa detik," Josephburg kepada Yahoo! Sports selama wawancara tahun 2013.

Dia mengatakan, dirinya melihat anak-anak muda mendapatkan akses ke petunjuk ini, dan olahraga adalah area yang perlu dikhawatirkan. Terutama jika penggemar mencoba untuk mendapatkan keuntungan bagi tim mereka. Orang-orang harus menyadari bahwa ini bukanlah kesenangan dan permainan; itu adalah hal yang serius.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Pemain Tercepat di Liga Premier, Mohamed Salah Urutan Berapa?

“Kamu membahayakan penglihatan seseorang. Mungkin ada dampak besar dan risiko nyata yang menyebabkan setidaknya kerusakan sementara, dan mungkin permanen pada penglihatan seseorang," kata dia.

“Jika saya seorang pemain bola, saya akan ketakutan. Saya hanya berharap Kongres bertindak dalam hal ini sebelum kerusakan nyata terjadi. Retina sangat sensitif dan tidak dibuat untuk mengatasi cahaya dengan intensitas itu," kata Josephburg.

"Jika bersinar bahkan untuk beberapa detik ke mata seseorang gejala yang berbeda dapat terjadi, kebutaan sementara, penglihatan kabur, penglihatan jerawatan, penglihatan bahkan mungkin tidak sepenuhnya kembali," kata dia.

Baca Juga: Paul Pogba Ungkap Perjuangannya Melawan Depresi Pasca Berselisih dengan Jose Mourinho

Selamat  untuk Senegal karena lolos ke Piala Dunia, tetapi diharapkan tidak melihat penggunaan pena laser seperti ini di pertandingan sepak bola, atau konteks olahraga apa pun lagi.***

Editor: Arkan

Sumber: Givemesport.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fans Khawatir Atas Rencana Penjualan Liverpool

Rabu, 23 November 2022 | 06:35 WIB
X